Sabtu, 04 Februari 2012

Membuat Read More


Pada saat agan memposting, default postingan akan ditampilkan secara menyeluruh dari awal hingga akhir kata, sehingga pengunjung akan merasa bosan jika melihat tampilan yang seperti itu. Disamping itu juga pengunjung akan menilai bahwa blog dari agan kurang simple dan menarik. Oleh karena itu, Jalu akan membagi tips dan trik agar postingan dari agan hanya terlihat ulasan singkat yang bisa mewakili isi dari postingan tersebut di halaman depan.
Caranya cukup simple kok, agan bisa membaca sekaligus dapat langsung mempraktekkannya dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1
Buka menu Layout kemudian pilih "Edit HTML". Kemudian kasih tanda centang pada cekbox "Expand Widget Template" dan jangan lupa download dulu template agar bila terjadi error blogger sudah mempunyai backup-an dari template yang tadi (sebelum di edit).

Langkah 2
Cari kode berikut (gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian) :
<p><data:post.body/></p>

Kalau sudah ketemu, ganti kode diatas dengan kode dibawah ini sehingga menjadi seperti ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>

<p><data:post.body/></p>

<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>
pada tulisan "Read More....." blogger bisa ganti kata apa saja sesuai dengan keinginan blogger, misalnya menjadi "Baca Selengkapnya".

Langkah 3
Simpan template yang telah edit tadi, kemudian pada menu "Setting" pilih "Formatting". Pada kotak "Post Template" isikan kode berikut:
<span class="fullpost">

</span>

Langkah 4
Simpan perubahan, dan ketika blogger mau memposting, disana akan ada 2 pilihan tab, yaitu "Compose" dan "Edit Html". Pilih tab "Edit HTML", maka secara otomatis akan tampak kode seperti berikut:
<span class="fullpost">

</span>

Langkah 5
Letakkan sebagian postingan yang akan ditampilkan di halaman depan (sebelum kode <span class="fullpost">) dan keseluruhan postingan blogger letakkan di setelah kode <span class="fullpost"> dan sebelum kode </span>

= SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL =

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di blog ini